Siapa Lebih Dulu, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi?

Betting bola Online

kabarbola365.org – Siapa Lebih Dulu, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi? – Sulit membayangkan dunia sepak bola tanpa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Dua pemain terbaik di dunia ini telah mendefinisikan dunia sepak bola dalam 15 tahun terakhir, mereka terus bersaing di level tertinggi.

Megabintang Juventus dan Barcelona ini tidak lagi muda, tapi mereka masih bermain di level yang begitu tinggi. Karier keduanya begitu gemilang, layak dianggap sebagai dua pemain terbaik di dunia.

Sayangnya, pada akhirnya mereka berdua bakal pensiun. Ronaldo sekarang sudah 35 tahun, Messi bakal menginjak usia 33 pada tahun 2020 ini. Nanti bakal ada pemain top lain yang meneruskan jejak dua pemain ini.

Kendati demikian, sebelum membayangkan dunia sepak bola beberapa tahun ke depan tanpa Messi-Ronaldo, alangkah baiknya menengok ke belakang dan mengingat persilangan karier kedua pemain ini.

Siapa yang lebih dahulu debut? Kapan mereka pertama kali bertemu dalam pertandingan? Menukil Goal internasional, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

 

Siapa lebih tua, Ronaldo atau Messi?
Rivalitas Messi-Ronaldo paling mudah disaksikan ketika keduanya masih membela Barcelona dan Real Madrid, duel El Clasico selalu menarik. Sayangnya, paling dua-tiga tahun lagi salah satu dari mereka bakal gantung sepatu.

Jawaban untuk pertanyaan di atas sudah jelas, Ronaldo lebih tua dua tahun dari Messi. Ronaldo terlahir pada Februari 1985, Messi terlahir pada 24 Juni 1987.

Meski lebih tua, daya tahan fisik Ronaldo luar biasa. Dia mungkin bisa bermain dua-tiga tahun lagi, Messi pun demikian.

Namun, kemungkinan Messi masih akan bermain ketika Ronaldo sudah gantung sepatu. Memang aneh melihat salah satu dari mereka saja, bukan keduanya, tapi jelas Messi-Ronaldo tidak mungkin bermain selamanya.

 

Siapa debut lebih dulu, Ronaldo atau Messi?
Ronaldo dipromosikan ke tim senior Sporting pada usia 16 tahun, dia menjalani debut di tim inti pada 7 Oktober 2002. Saat itu, Ronaldo mencetak dua gol pada kemenangan 3-0 atas Moreirense di Primeira Liga.

Messi menjalani debutnya di Barcelona sekitar satu tahun dan satu bulan setelahnya. Dia tampil pada laga persahabatan kontra Porto, 16 November 2003. Biar begitu, Messi harus menunggu cukup lama untuk debut di pertandingan sebenarnya.

Messi baru menjalani debut penuh untuk tim inti Barca pada 16 Oktober 2004, laga derby kontra Espanyol. Debut Messi terjadi dua tahun dan sembilan hari setelah debut Ronaldo untuk Sporting.

 

Kapan Ronaldo dan Messi menjalani debut internasional?
Ketika Messi baru debut di tim inti Barca, Ronaldo sudah menjalani debut internasional untuk Timnas Portugal.

Di usia 18 tahun, Ronaldo bermain ketika Portugal mengalahkan Kazakhstan dengan skor 1-0, 20 Agustus 2003. Lalu, pada Euro 2004, Ronaldo sudah jadi salah satu pemain inti Timnas.

Messi menjalani debut internasional juga di usia 18 tahun, nyaris tepat dua tahun dari debut internasional Ronaldo. Kala itu, pada 17 Agustus 2005, Messi pertama kalinya membela Timnas Argentina.

Dia masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-63, pada pertandingan persahabatan kontra Hongaria. Nahasnya, Messi diusir wasit dengan kartu merah hanya dua menit setelah memasuki lapangan karena sikutan kepada Vilmos Vanczak.

BACA JUGA :   Mourinho Masih Menjadi Incaran PSG

Kapan pertama kali Ronaldo-Messi bertanding di lapangan?
Selain mengingat momen debut di atas, yang tak kalah penting adalah momen pertama kalinya Messi dan Ronaldo saling berhadapan di lapangan.

Momen bersejarah ini tercipta pada laga imbang 0-0 antara Barcelona dan Manchester United di semifinal Liga Champions, tepatnya pada 23 April 2008. MU kemudian memetik kemenangan 1-0 di leg kedua, lolos ke final, dan berhasil jadi juara usai mengalahkan Chelsea.

Messi membalas dendam di musim berikutnya, mencetak gol kedua Barca pada kemenangan 2-0 kontra MU di final Liga Champions 2009. Sampai saat itu, itulah satu-satunya momen Messi bertemu dengan Ronaldo di final Liga Champions.

Lalu, di level internasional, Messi dan Ronaldo hanya pernah bertemu dua kali. Itu pun pada laga persahabatan.

 

Sumber : detiksport

author